Tak Ada Cinta Tanpa Simbol

Adakah yang lebih romantik dari berbicara tentang cinta? Lantas, apa itu cinta? Apakah kebenaran lebih romantik daripada cinta? Itu adalah beberapa pertanyaan khas para filsuf zaman dahulu yang terus berulang  dari generasi ke generasi.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut menunjukan adanya usaha dari umat manusia untuk memahami diri dan dunia di luar dirinya. Tak heran, cinta menjadi tema abadi dalam peradaban manusia. Ia lalu menjadi inspirasi bagi lahirnya beragam puisi,buku, lagu, maupun film.

Semua orang tentu pernah merasakan jatuh cinta. Saat cinta hadir, hati serasa berbunga, hari pun seakan lebih cerah. Namun, tak jarang cinta justru berakhir pada duka. Hati yang berbunga tiba-tiba layu diganti rasa kecewa. Sebagian orang lalu melanjutkan hidup tanpa harapan. Tak sedikit, yang akhirnya memilih kematian sebagai solusi. Lantas apa itu cinta?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita perlu menyadari bahwa manusia adalah makluk simbolik. Artinya, segala hal yang dilakukan manusia selalu berkenaan dengan simbol-simbol yang mengintarinya.

Kita tahu, manusia pada awalnya terlahir sebagai daging, tapi setelah itu ia tumbuh dalam suatu tatanan simbolik. Bahasa itu adalah simbol. Dan dibalik simbol tentu ada makna. Tapi makna itu abstrak. Ia tak kongkrit. Cinta pun demikian.

Cinta adalah sesuatu yang abstrak, tak heran sebagian orang bisa merasakan cinta, tapi kesulitan mendefinisikan apa itu cinta.

Cinta memang konsep yang abstrak. Oleh sebab itu, ia membutuhkan sesuatu yang kongkrit. Misalnya, memberi bunga, memberi perhatian, memberi ciuman dan lain sebagainya.

Sebagian orang beranggapan bahwa cinta adalah sesuatu yang sakral, suci, dan tak bisa dijelaskan. Apakah memang seperti itu? Menurut saya, tidak. Cinta adalah soal rasional. Orang membutuhkan alasan untuk mencintai seseorang. Baik itu Martinus, Paul, Ahmad, Luna, Mince, Maria dan sebagainya.

Cinta tak tumbuh dari ruang kosong. Ia hadir karena ada sesuatu. Oleh karena itu, menurut saya, cinta adalah sensasi yang kita dapatkan dibalik simbol-simbol yang mengintari seseorang. Simbol-simbol itu bisa uang, mobil, kegantengan, kecantikan, pekerjaan, popularitas, gelar, harta, hobi, keseksian, kecerdasan dan lain sebagainya.

Dibalik simbol-simbol itulah, sensasi selalu hadir untuk menopang hasrat untuk mencintai. Contoh, Maria jatuh cinta kepada Marten karena pekerjaanya sebagai polisi. Pekerjaan sebagai polisi adalah simbol. Dibaliknya, ada sensasi yang membuat Maria jatuh cinta. Sensasi itu bisa pengakuan dari orang-orang terdekatnya. Atau, bisa juga, sensasi bahwa dengan hidup bersama Marten maka kebutuhan diri dan anak-anaknya kedepan bisa terpenuhi.

Lalu, adakah simbol yang membuat Marten mencintai Maria? Tentu ada. Orang tak bisa jatuh cinta tanpa simbol. Maria tentu mempunyai simbol yang diakui oleh Marten. Simbol itu bisa kecantikannya, tubuhnya, kemanjaannya, popularitasnya, dan lain sebagainya.

Sensasi dibalik simbol-simbol itu pula yang membuat Marten mendapat pengakuan dari orang lain. Lantas, adakah syarat seseorang jatuh cinta? Tentu ada. Syaratnya adalah simbol-simbol yang ada pada seseorang harus diakui oleh orang yang mencintai.

Simbol-simbol yang diakui pun tak harus hanya satu jenis simbol. Seseorang bisa jatuh cinta pada seseorang karena beberapa simbol sekaligus. Misalnya, si A menyukai simbol kegantengan sekaligus simbol pekerjaan yang ada pada si B.

Lalu, apakah cinta bisa hadir tanpa simbol? Tentu tak bisa.  Cinta tak bisa hadir tanpa simbol. Jika simbol-simbol itu tak ada, cinta juga biasanya tak ada.

Cinta selalu lahir dari sensasi yang kita dapat dibalik simbol-simbol yang melekat pada seseorang.  Tapi apakah sensasi dibalik simbol itu bisa berubah? Tentu bisa. Salah satu sifat manusia adalah tak pernah puas akan apa yang ia dapatkan.

Ketika ia miliki istri yang cantik, ia lalu ingin memiliki pasangan yang seksi. Saat ia memiliki suami yang baik, ia lalu ingin memiliki suami yang memiliki popularitas, harta, dan lain-lain.

Sebab hasrat yang  menopang simbol-simbol itu bisa berubah, maka perlu untuk dikenali dan dikelola.  Jika tidak, ia bisa menjadi pemicu muculnya berbagai perselingkuhan dan pengkhianatan. Perselingkuhan dan pengkhiantan lalu membuat seseorang bisa jatuh pada duka nestapa.

Memahami cinta.

Sesungguhnya, ketika jatuh cinta, kita jatuh cinta pada simbol yang melekat pada seseorang. Bukan pada “diri” orang tersebut. Dibalik simbol-simbol itulah, kita mendapatkan sensasi.

Apakah sensasi dibalik simbol yang melekat pada seseorang itu benar-benar nyata dan abadi?  Tidak ! Saat jatuh cinta,  kita sesungguhnya jatuh cinta pada sebuah gambaran,  pada konsep tentang seseorang. Kita menciptakan “orang” itu di dalam kepala kita. Lalu, kita merasa bahwa “ia”benar-benar nyata. Padahal, “ia” yang nyata pasti berbeda dengan “ia” yang kita bayangkan.

Patah hati, sulit move on, sedih, kecewa, merasa terhianati, adalah hasil dari pemahaman yang salah  akan cinta.  Banyak orang berpikir bahwa apa yang mereka bayangkan  adalah sesuatu yang nyata dan selalu abadi. Mereka tak menyadari, bahwa setiap orang punya  potensi untuk berubah.

Karena pemahaman akan cinta yang salah, maka  saat mereka mendapati pasangan mereka tak lagi sesuai dengan gambaran yang selama ini dibayangkan, mereka pun terperosok pada jurang nestapa. Buahnya adalah sakit hati, depresi, kecewa, putus asa dan lain sebagainya.

Obat patah hati

Sebab cinta lahir dari sensasi dibalik simbol-simbol yang diakui, maka kita perlu memahaminya dengan baik.

Cinta adalah konsep yang ada didalam kepala kita.  Ia datang dari gambaran  kita akan seseorang. Gambaran yang ada dan kita  bayangakan itu pun tak nyata. Ia bisa berbeda dan berubah-ubah.

Perasaan jatuh cinta pun bisa berubah-ubah. Bisa ada dan hilang. Saat ini, Anda mungkin bisa jatuh cinta pada seseorang, tapi besok, Anda bisa benci pada orang yang sama.

Sedih, patah hati, kecewa, perasaan terkhianati dan lain sebagainya pun tak nyata. Ia bisa berubah-ubah. Ia  hanya hadir sesaat. Ia seperti angin, hanya datang, pergi, datang lagi, pergi lagi dan seterusnya. Ia pun tak abadi.

Kalau cinta itu seperti itu, lantas untuk apa terkubur dalam kubangan duka nestapa? Saat patah hati, bangun dan tertawalah. Saat jatuh cinta, sadar-sesadarnya, bahwa semua orang punya potensi untuk berubah.

Sekali lagi, cinta hanyalah bunga-bunga sensasi yang ada dibalik simbol-simbol.  Ia bisa berbeda dan berubah. Ia tak memiliki inti pada dirinya sendiri.

Hanya dengan menyadari akan hal itu, kita bisa tertawa saat tersakiti, dan menari kala jatuh cinta.

Sumber gambar: Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *