Exiurose

Salah seorang putri saya,  yang masih duduk di sekolah menengah pertama, mengenakan seragam porseninya, T-Shirt yang bertuliskan Exiurose. Semula saya menduga itu adalah suatu slang yang belum ramah di pengetahuan saya. Maklum saja, anak-anak muda sekarang cukup kreatif melahirkan istilah-istilah baru. Rupanya, Exiurose adalah kependekan dari Experience of Our Purphose, yang dimaknakan kurang lebih, pengalaman adalah tujuan kami. Saya pikir, slogan ini jauh lebih berbobot dari jargon para caleg dan cabub, yang sekadar memohon untuk memilihnya.

Dikarenakan kata experience yang berarti pengalaman inilah, mengingatkan saya pada sebuah buku, Belajar dari Pengalaman, P3M 1986, yang merupakan buku panduan pelatihan untuk para aktifis gerakan, terutama di kalangan aktifis Non-Govermen Organitation (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Isi buku itu merupakan kumpulan pengalaman pelatihan di berbagai tempat, lalu diakumulasi menjadi satu buku panduan, yang digunakan untuk melatih para pelatih. Ada siklus pengetahuan yang ditawarkan dalam buku ini, sebentuk lingkaran yang dimulai dengan merencanakan, lalu mengorganisir, kemudian melaksanakan, selanjutnya mengendalikan lalu kembali lagi merencanakan dan seterusnya. Dari situlah akumulasi pengalaman menjadi pengetahuan yang dinamis.

Sesarinya, pengalaman merupakan salah satu sumber pengetahuan. Waima subjektif sifatnya, tapi manakala setiap orang bisa punya pengalaman yang sama atas suatu objek, maka pada saat itulah proses objektivikasi memungkin dilakukan. Dalam sistem berfikir, sebagai rangkaian untuk mengambil kesimpulan, dikenallah dengan istilah logika induksi, menarik kesimpulan berdasarkan kesamaan pengalaman. Dan, pada tradisi keilmuan yang berbasis spiritual, semisal para sufi, maka puncak tertinggi pengetahuan adalah mengalami. Simpai sederhananya, pengalaman nyata atas kenyataan tak berbatas.

Pengalaman berarti proses mengalami. Makna terdalamnya belajar pada alam. Alam sebagai objek untuk mengalaminya menjadi pengalaman, maka tersedia bentuknya, yang merupakan ayatullah, tanda-tanda Tuhan. Secara akademik sering dibagi menjadi tiga wujud – meminjam pembagian Emha Ainun Najib – tanda Tuhan yang tertulis dalam kitab suci, yang memanifestasi dalam semesta dan yang tersembunyi pada diri. Seluruh medium tanda Tuhan itu, sedianya adalah tempat untuk belajar, menimba pengetahuan seluas mungkin. Makin banyak mengalami persentuhan dengan ayatullah itu, maka makin dalam pulalah hasil selaman pengetahuan.

Sebentuk diktum kepastian, bahwa orang yang banyak mengalami alam dengan segala spektrumnya, memungkinkan meraih tingkat kecerdasan yang tak terbatas. Otak sebagai basis kecerdasan, cara paling jitu untuk merawatnya agar tetap sehat, adalah dengan cara memperbanyak mengalami alam agar menjadi pengalaman. Pengalaman yang banyak menyebabkan sambungan sinaptik pada otak lebih cepat, semakin rapat  saraf-saraf otak . Orang yang berpengalaman, berarti orang cerdas, bermakna pula orang yang rapat saraf-saraf otaknya.

Akumulasi pengalaman yang mengantarkan pada kecerdasan, tentulah akan meninggikan derajat seseorang. Insan yang telah tinggi derajatnya karena kaya akan pengalaman, pastilah tidak berkenan jatuh tersungkur menjadi seekor binatang. Seekor binatang saja, dengan pengalaman yang sama, tidaklah ingin mengulangi sebuah laku yang bakal merugikannya. Apatah lagi sebagai manusia, bila saja ia terjatuh pada kenistaan, padahal sudah punya pengalaman sebelumnya, maka benar-benarlah ia ternista.Bukankah sepenggal pameo cukup mashur untuk diperpegangi, yang bunyinya: sebodoh-bodohnya keledai, tapi tak mau jatuh pada lobang yang sama.

Dalam keisengan, saya lalu mencoba menyelami apa yang dimaksudkan oleh putri saya itu atas akronim di baju kaosnya itu. Melantunlah sepenggal asa, bahwa menurutnya, dan juga kawan-kawannya, semasa masih bersekolah sedapat mungkin menimba pengalaman sebanyak-banyaknya. Dan, porseni baginya adalah lahan yang subur untuk memetik pengalaman. Maksudnya, pengalaman  menang sekaligus kalah. Bagaimana merasakan keriangan ketika menang dan keterpurukan kala kalah. Pengalaman itu akan memuncak pada sportivitas, dan objektvitas.

  • Sewaktu putri pertama kami berusia tiga tahun, ia mengalami serangan kegagapan dalam berbicara. Ia aslinya ceriwis, banyak tanya, bahkan banyak mempertanyakan segala sesuatu yang ia lihat aneh atau tidak sesuai dengan pemahaman yang ada di kepalanya. Misalnya kenapa tante A begini, sedangkan tante B begitu. Kenapa teman-temannya memanggil orangtuanya dengan bapak dan ibu, sementara ia…

  •   Iduladha memiliki makna kembali berkurban, ditandai dengan penyembelihan sejumlah hewan ternak sebagai simbol pengorbanan seseorang. Kurban dan korban berbeda menurut KBBI. Kurban diartikan persembahan kepada Allah seperti biri-biri, unta, dan sebagainya yang biasa dilakukan saat lebaran haji. Sedang arti korban adalah pemberian untuk menyatakan kebaikan, kesetiaan, dan sebagainya. Makna lainnya, orang/binatang yang menderita/mati akibat…

  • Tradisi nyekar merupakan laku purba pada sebagian besar masyarakat kita. Tradisi ini makin kuat pengaruhnya manakala dotrin agama ikut menguatkan.  Di sebagian masyarakat, utamanya di kampung-kampung menjadikan nyekar sebagai wahana memelihara kualitas spritualitas, tentu dengan ragam ritual di dalamnya. Tradisi  berabad-abad lamanya ini, sudah menjadi denyut kehidupan masyarakat kita, hingga dipercaya membawa keberkahan hidup. Dari…

  • Ada apa dengan perempuan menulis? Apakah ada sesuatu yang istimewa? Dalam pemahaman saya, potensi laki-laki dan perempuan dalam hal kemampuan menulis itu sama saja. Meskipun budaya dan lingkungan setempat tetap berpengaruh pada seberapa pesat berkembangnya potensi tersebut. Bersyukurnya saya termasuk kelompok penganut paham “senang bergerak dengan semangat yang ada di dalam diri, tidak mau dipengaruhi…

  • Kemarin Pancasila dirayakan kelahirannya. Begitulah kebiasaan sebuah bangsa yang gemar dengan seremonial. Segalanya mesti dirayakan, meskipun seringkali tampak kering makna. Sebetulnya tidak salah, namun persoalannya setelah perayaan itu segalanya kembali ke setelan pabrik “lupa pancasila”. Faktanya kita mesti terus terang mengakui bahwa Pancasila seringkali kalah dihadapan kekuasaan, kapital, korupsi, intoleransi, kekerasan, perusakan alam, dan beragam…


Kala Literasi

Jl. Pa’ Bentengang No.6, RT.01/RW.08, Mangasa Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221