Keberagaman dalam Keberagamaan

Nyaris setiap akhir pekan, saya melakukan perjalanan ke luar kota, menyahuti permintaan aneka mata acara, yang umumnya berkaitan dengan gerakan literasi. Perjalanan kali ini, agak spesial. Pasalnya, seorang sohib, sudi menawarkan tumpangan buat jalan bersama. Memang salah satu kelebihan sekaligus kelemahan mendasar saya, tidak punya kendaraan (mobil) pribadi, namun punya banyak kawan yang rela saya tumpangi. Bahkan, tidak sedikit yang menyengaja mencari jalan, agar bisa berkendara bersama, dengan asumsi, bahwa akan ada kejutan-kejutan dalam perjalanan.

Pagi baru semenjana teriknya, tampaklah sohib saya dengan mobilnya, yang berwarna putih, dengan plat nomor polisi yang masih putih pula, sepadan dengan pemiliknya, yang jiwanya putih juga,  setidaknya menurut saya. Rupanya mobil baru. Moncerlah saya menyambut kehadirannya, lalu menyambar tas ransel, yang mulai kumuh, karena jarang dicuci, bergegas segera menaiki mobil, duduk di kursi depan, samping sang sohib. Saya membatin, perjalanan bakal menyenangkan. Dan, benar saja adanya, setelah saya minta agar diputarkan lagu pengiring perjalanan, saya tak menduga, tembang-tembang yang tersaji, gue banget, sederet lagu lawas, tembang kenangan.

Dari selera musik inilah bermula semua perbincangan, yang memangsa waktu perjalanan kurang lebih tiga jam. Begitu pemutar lagu disetel, mengalunlah tembang dari The Mercy’s, Panbers, D’lloyd, dan tentu tak ketinggalan yang paling melegenda, Koes Plus. Sang sohib mulai takjub, tatkala saya berbicara lancar, selancar laju kendaraan yang bebas macet, tentang group-group band legendaris itu. Sesungguhnya, ia tak perlu kagum, sebab semua yang saya ceritakan itu, hanyalah hasil bacaan, serupa literasi musik Indonesia. Dan, yang membuatnya makin khuyuk mendengarkan saya, kala membabarkan satu group musik asal Papua, Black Brothers, yang sempat terlibat dalam politik Papua Merdeka, yang hingga kini lagu-lagunya masih dikenang. Bukan itu saja, Black Brothers telah menjadi pelopor pemusik berbakat asuhan alam, buat generasi berikutnya, semisal Black Sweet dan Black Papas.

Ah…, saya tak sangka, keasyikan bicara musik ini teralihkan, gegara sohib saya mulai angkat ujar, dengan bercerita tentang temannya dan kuliahnya di Pascasarjana, pada sebuah universitas berlabel Islam. Menurut temannya, musik sejenis itu haram untuk didengar, apatah lagi dinikmati, sebab hanya mengumbar hasrat, menjauhkan diri dari Tuhan. Lalu saya dimintai pendapat tentang musik itu, maka saya pun menjawabnya, dengan mengutip pendapat dari seorang schoolar tersohor, Qasim Mahthar, “Sekalipun musik rock, bila itu mengantarkanmu pada Tuhan, maka nikmatilah musik itu.” Berikutnya, saya tambahkan argumen, lebih menukik lagi, bahwa sesarinya, para musisi itu, hanya memindahkan segenap suara-suara alam yang dititipkan Tuhan pada alam, untuk disederhanakan melalui alat-alat musik.

Ternyata, perbincangan makin melebar, bukan soal keharaman musik semata, tapi merambah pada tema-tema bid’ah dan aliran-aliran dalam Islam, yang sesat dan menyesatkan. Dan, yang mencengangkan saya, ketika sang sohib menegaskan, bahwa kawannya itu, cenderung untuk membenarkan pendapatnya sendiri, jauh dari sikap toleran pada pendapat orang lain. Padahal, selaiknya menurut hemat saya, jenjang pendidikan yang sudah begitu mumpuni – pascasarjana dan pasti banyak baca– semestinya beriringan dengan keluasan wawasan, yang bermuara pada keniscayaan akan perbedaan-perbedaan. Teringatlah saya pada status seorang teman facebook, Surya Darma, yang menulis status, “Jika bacaanmu banyak dan itu tidak jua membuatmu adil dan bijak, maka bacaanmu itu laknat…!”

Memang repot, meminta seseorang untuk memahami perbedaan dalam menghayati cara beragama, khususnya Islam, bila yang bersangkutan menutup diri akan keluasan dan kemestian perbedaan cara pandang tentang keberagaman dalam cara keberagamaan Islam. Sebab, begitu doktrin dasar Islam ingin difungsionalkan, maka para penganutnya akan berlomba menafsirkan doktrin itu, sesuai dengan tantangan yang dihadapi dan persepsi terhadapnya. Imam Ja’far Ash-Shadiq, bilang di bukunya, The Lantern of the Path, bahwa seorang yang cerdas, bukanlah yang terjebak dalam perbedaan-perbedaan. Tapi, yang memahami perbedaan-perbedaan itu.

Lalu, saya rekomendasikan pada sohib saya, bahwa menghadapi orang yang tidak toleran pada keberagaman dalam keberagamaan, tidak perlu berdebat dengannya. Cukuplah membawanya ke kolam ikan lele, baru giring untuk melihat aquarium yang amat menawan karena keragaman ikannya. Atau, ajaklah ia melihat sepohon anggrek, selanjutnya, bawalah ia mengunjungi taman yang begitu indah, sebab aneka bunga di dalamnya. Berikutnya, tanyalah ia, mana yang lebih menawan, kolam lele atau aquarium? Dan mana yang lebih indah, sepohon anggrek atau setaman bunga?

Masih dalam perjalanan, pada laju kendaraan yang mulai pelan, saya lalu bertutur ke sohib, yang sedari awal di belakang setir, bahwa dulu saat saya masih muda belia, ketika masih di kampung halaman, gadis yang paling cantik adalah gadis kampung saya. Bahkan kami rela sesama anak muda untuk berselisih, guna mendapatkannya. Tetapi setelah ke kota, merantau untuk menuntut ilmu, ternyata di kota, banyak sekali gadis cantik. Saking banyaknya, berarti beragam pula wujudnya, sehingga saya mudah untuk memilihnya.

Jelang tiba di tujuan, sebelum turun dari mobil, saya berujar pada sohib, bahwa, “Kawan yang mengharamkan musik itu, dan sukanya menyalahkan orang lain, sebenarnya, ia masih melihat kolam ikan lele, lebih menawan tinimbang ikan-ikan di aquarium. Atau, jangan-jangan penglihatannya, lebih indah setangkai anggrek ketimbang setaman bunga.” Namun yang pasti, kawan sohib saya itu, menganggap gadis tercantik yang ia kenal, hanyalah yang ada di kampungnya saja.

 

  • Setelah membaca Rashomon (2015), kumpulan cerpen karya Akutagawa Ryunosuke, saya lantas dilanda heran. Mengapa juga orang yang pernah mengalami sakit jiwa, justru melahirkan karya yang sangat brilian? Anda mungkin mengenal Nietzsche, yang dalam kondisi kejiwaan yang sakit justru lebih produktif menulis buku yang berisikan pemikiran cerdas dan rumit. Konon, The Will to Power lahir di…

  • Karl Marx lebih dari sebuah nama. Karl Marx adalah sebuah pemahaman. Perspektif. Kita tahu, sejak dia menggedor dunia dengan pikirannya, suatu tatanan tidak sekadar utopis. Masyarakat tanpa segregasi, yang jadi utopia sosialis sebelumnya, di tangan Marx  jadi ilmiah. Itu disebutnya komunisme. 5 Mei 1818, Marx lahir di Trier. Kota di perbatasan barat Jerman, waktu itu…

  • Literasi yang bagus, Membahagiakan Jiwa* Sulhan Yusuf, Pebisnis buku, Aktivis Literasi. Pebisnis buku memang banyak. Tapi, hanya sedikit di antaranya yang memiliki jiwa literasi, yang bersetia untuk mengajak orang-orang mencintai buku. Pun, tak banyak pula pebisnis buku yang bersetia memantik gelora membaca orang-orang, dan menyeru untuk menekuni dunia tulis menulis, seperti yang dilakoni oleh aktivis…

  • Lucas baru saja datang dari wangsa yang jauh: Belanda. Ia mengunjungi Kelurahan Samalewa, Pangkep, untuk meneliti sejarah Kerajaan Siang. “Ruangannya sudah dibersihkan Pak, silakan masuk. Biar saya yang mengangkat barang-barangnya,” kata pemilik indekos. Tapi Lucas hanya mengajukan telapak tangannya ke arah pemilik indekos, sebagai tanda penolakan. “Biar aku saja,” katanya, dengan bahasa Indonesia yang cukup…

  • “Semoga Allah menghimpun yang terserak dari keduanya, memberkahi mereka berdua dan kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka, menjadikannya pembuka pintu rahmat, sumber ilmu dan pemberi rasa aman bagi umat.” Setelah lebaran haji, puluhan undangan pernikahan jatuh tempo pelaksanaanya, dialamatkan ke mukim saya. Entah itu dari kerabat, tetangga dan kolega. Latar sosialnya pun aneka rupa, mulai…


Kala Literasi

Jl. Pa’ Bentengang No.6, RT.01/RW.08, Mangasa Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221