Mati, Siapa Takut!

“Kebanyakan manusia tertidur, mereka tersadar saat mereka mati” Rasulullah saw.

Lazim adanya, jika sebagian manusia takut akan kematian. Umumnya kematian dianggap pemutus segala kelezatan duniawi  paling mengerikan, padahal hampir setiap hari kita mendengar atau melihat peristiwa kematian. Kematian merupakan proses kehidupan. Kita mengenal betul beragam kematian sepanjang sejarah manusia, mati sakit, bunuh diri, perang, kecelakaan, melahirkan, tenggelam dan masih banyak lainnya. Meski demikian, kita masih takut mati.

Sesungguhnya rasa  takut mati tidaklah masuk akal, bukankah setiap yang bernyawa pasti mati, lalu apa yang menyebabkan sebagian orang takut. Menurut Komaruddin Hidayat, penulis buku Psikologi kematian, mengatakan, rasa takut mati itu berakar pada keinginan laten untuk selalu hidup nyaman. Rasa itu kemudian beranak pinak, yaitu takut akan bayang-bayang ketakutan itu sendiri. Sehingga muncul ungkapan, musuh terbesar dan terdekat kita adalah rasa takut itu sendiri yang berakar kuat dalam diri. 

Tentu, motif rasa takut bersifat personal, tergantung tingkat kesadaran masing-masing. Semakin tinggi intelektual dan spiritual seseorang, makin mendambakan kematian. Hal itu tergambar menjelang detik detik terakhir kematian Jalaluddin Rumi, manakala seorang temannya menangis sambil berdoa untuk kesembuhannya, tapi Rumi menjawab, “Hai kawan, tinggal sejenak langkahku untuk memasuki kehidupan yang jauh lebih indah dari dunia ini, tetapi mengapa engkau menangis sedih dan menahan-nahan diriku untuk menunda babak kehidupan baru yang sudah aku tunggu-tunggu.”

Hidup dan mati sebuah keniscayaan, setiap makhluk akan mengalaminya. Tanpa disadari, setiap waktu kita mengalami kematian, sebab, kesempurnaan akan digapai melalui jalan kematian, sebagaimana kata Rumi, dulu aku mineral, lalu mati kemudian menjadi tumbuhan, dari tumbuhan aku mati, lalu menjadi hewan, dari hewan aku mati lagi, lalu menjadi manusia. Lalu mengapa mesti takut mati, karena kematian tak membuatku kekurangan apa pun. 

Hidup ini senantiasa bergerak. Sadar maupun tak sadar, kita telah berkali-kali mati dan berkali-kali hidup. Esoteris tubuh, pikiran, jiwa, alam sekitar dan lainnya, kesemuanya bergerak. Kemanakah gerak itu berakhir? Pada akhirnya akan bergerak menuju ilahi. Tuhan yang senantiasa bersama kita, bertahta di dalam wujud kita yang paling batin. “Dan sesunguhnya kepada Tuhanmulah kesudahannya.” [53:42]

Kematian yang kita alami dari waktu ke waktu menandakan kita berjalan menuju titik tujuan, yaitu keabadian. Kesadaran akan tujuan hidup akan membuat kita optimis menjalankan kehidupan. Tentu, dengan kesadaran yang  rasional. Alangkah absurdnya kehidupan ini jika seorang pahlawan disamakan dengan seorang pecundang, andaikata tak ada mahkamah pengadilan akhirat yang betul-betul adil. Di kehidupan akhirat lah neraca keadilan benar-benar ditegakkan, segala pahala dan dosa dibalas seadil-adilnya. Itulah mengapa manusia takut mati, alasan lainnya, disebabkan seseorang banyak berbuat dosa, lebih banyak kejahatannya ketimbang kebaikannya, sehingga takut akan siksa di akhirat kelak.

Ibnu Sina, dikenal juga Avicenna di dunia barat, seorang filsuf besar, membabarkan tentang kematian. Menurutnya, tiga alasaan seseorang takut kematian, pertama, seorang tidak punya bekal cukup menghadapi kematian. Kedua,  dalam benaknya, kematian adalah sesuatu yang menyiksa. Ketiga, tatkala hati seseorang telah terikat dan terpaut  kenikmatan-kenikmatan dunia, padahal alam akhirat lebih sempurna dari dunia. Lebih lanjut, Ibnu Sina mengatakan, “jika kamu lari dari kematian, maka, kematian akan menghampirimu.” Bukankah tidur di malam hari adalah contoh kecil dari kematian. terangnya.

Lalu, bagaimana kita memaknai kematian? Mengetahui dan meyakini kematian tidaklah cukup, hakikatnya, bagaimana kita terus menyadari dalam diri tanpa pernah lalai darinya. Kesadaran akan mati akan membawa pengaruh besar dalam kehidupan. Kesadarann yang dimaksud, paling tidak, menyadari sepenuh hati, bahwa, kehidupan akhirat abadi dan kehidupan dunia sesaat, menimbang antara yang terbatas dan yang tak terbatas. Tentu, jika kita sedikit merenung, tidaklah sudi kita mau menukar sesuatu yang abadi dan tak terbatas dengan yang sementara dan terbatas.

Cara memaknai kematian, tentu, berangkat dari latar belakang seseorang. Faktor lingkungan, pendidikan, usia, status ekonomi, dll, sangat menentukan cara pandang seseorang. Memaknai segala sesuatu, tidak harus berbeda, banyak juga sebagian dari kita, sama cara pandangnya. Misalnya kata Martin Heidegger, hidup manusia adalah suatu kehadiran yang tertuju kearah kematian. Lain pula menurut Immanuel Kant, hidup menjadi tidak bermakna jika tidak dilandasi dengan metafisis. Adapun yang dimaksud metafisis. Pertama, adanya keyakinan setiap orang memiliki kebebasan untuk menentukan pilihan hidupnya secara otonom. Kedua, adanya keabadian hidup setelah mati. Ketiga, Tuhan sebagai penyelenggara mahkamah akhirat secara tuntas dan adil.

Di kalangan kaum sufi, kematian digambarkan sebagai pintu gerbang menapaki kehidupan baru yang lebih indah. Kematian bukanlah kehancuran atau perjalanan turun, melainkan jenjang naik. Bagaikan sebuah pohon keabadian yang selalu tumbuh. Sebagian dari mereka yang telah mencapai makrifat Allah sedemikian tinggi, tidak ada yang lebih mendambahkahkan kecuali keridaan Allah, mereka menyakini keridaan Allah  di atas segalanya.

Memaknai kematian tidak lepas dari kehidupan dunia. Perumpamaan dunia dan kehidupannya digambarkan Imam Ali, karramallahu wajhah, “Penghuni dunia laksana kafilah yang sedang berjalan dengan tujuan tertentu,yaitu hingga mereka bisa sampai pada sebuah tempat yang nyaman, tentram, makmur dan damai, sebuah tempat yang dapat memberikan seluruh keinginan serta dambaan manusia. Sedangkan perumpamaan yang tertipu dengan dunia, laksana orang-orang yang tinggal di sebuah tempat yang subur, lalu pergi menuju tempat tandus, tempat yang baru mereka datangi dan tempati.”

Selain mengharapkan keridaan ilahi, sikap berserah diri pula merupakan jalan keselamatan. Sikap menyerahkan segalanya hanya kepada kehendakNya merupakan puncak kebahagian. Setiap kita berjalan menuju  pintu kematian, kita mesti yakin seraya berserah diri, sesungguhnya, segalanya milik ilahi, pada akhirnya kita akan kembali kepada-Nya. Setiap perjalanan pulang selalu saja membahagiakan, entah itu mudik, pulang ke rumah, dll.  Kerap kali peristiwa itu kita rayakan bersama keluarga. Begitu pula, manakala kita pulang ke kampung keabadian membawa amal saleh, jika tidak, maka penyesalan dan rasa sedih akan dirasakan selamanya. Seperti disebutkan dalam sebuah ayat Al-Qur.’an, Dia mengatakan, “Alangkah baiknya sekirannya aku dahulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini.”

  • Pagi masih buta, saya sudah dijemput oleh mobil angkutan langganan, yang akan membawa balik ke Makassar, setelah berakhir pekan di Bantaeng. Entah yang keberapa kalinya saya melakukan perjalanan ini, yang pasti, saya lebih banyak menggunakan angkutan umum, setelah saya kurang kuat lagi naik motor. Waima begitu, semuanya berjalan lancar, dengan mengeluarkan uang sewa sebesar empat…

  • Manusia hakikatnya tidak dirancang untuk mengerti perpisahan. Manusia hanya mahluk yang mengambil resiko berpisah karena suatu pertemuan. Begitulah alam bekerja, juga di kelas menuli PI. Kemarin pertemuan 13. Tak ada yang jauh berbeda dari biasanya. Kawankawan membawa tulisan, setelah itu sesi kritik. Hanya saja sudah tiga minggu belakangan kuantitas kawankawan pelanpelan menyusut. Barangkali banyak soal…

  • Setiap  keluarga,  mestinya punya  ritus. Ritual yang bakal menjadi tali pengikat untuk merawat keawetan kasih sayang, solidaritas, kekompakan dan tenggang rasa. Dan, setiap keluarga boleh memilih dan menentukan jenis ritus-ritusnya. Waima ritus itu biasanya terkait langsung dengan aktivitas keagamaan, namun dalam sebuah keluarga yang telah mementingkan suasana spiritual, maka apapun geliatnya, selalu berkonotasi spiritualitas. Demikian…

  • Scribo Ergu Sum—Aku Menulis, Aku ada (Robert Scholes) Kelas menulis sudah sampai pekan 12.  Sampai di sini kawankawan sudah harus memulai berpikir ulang. Mau menyoal kembali hal yang dirasa juga perlu; keseriusan. Keseriusan, kaitannya dengan kelas menulis, saya kira bukan perkara mudah. Tiap minggu meluangkan waktu bersama orangorang yang nyaris sama kadang tidak gampang. Di sana akan banyak kemungkinan, bakal banyak yang bisa terjadi sebagaimana lapisan es di kutub utara mencair akibat global warming. Di situ ikatan perkawanan bisa jadi rentan musabab suatu soal sepele misalkan perhatian yang minim, perlakuan yang berlebihan, atau katakata yang menjemukan, bisa mengubah raut wajah jadi masam. Makanya di situ butuh asah, asih, dan tentu asuh. Agar semua merasai suatu pola ikatan yang harmonik. Sehingga orangorang akhirnya bisa membangun kesetiaan, tentu bagi keberlangsungan kelas literasi PI. Begitu juga diakhir pekan harus menyetor karya tulis dengan kemungkinan mendapatkan kritikan, merupakan juga aktifitas yang melelahkan. Menulis, bukan hal mudah di saat dunia lebih mengandalkan halhal instan. Menulis butuh kedalaman dan waktu yang panjang. Menulis membutuhkan daya pikiran dan pengalaman yang mumpuni agar suatu karya layak baca. Karena itu kawankawan harus punya persediaan energi yang banyak. Biar bagaimana pun tujuan masih panjang, bahkan tak ada terminal pemberhentiaan. Walaupun tujuan selama ini hanya mau menghadirkan penulispenulis handal. Akibatnya hanya ada satu cara biar punya stamina besar; rajin bangun subuh. Saya kurang yakin apakah memang ada hubungan antara keseriusan dengan bangun di waktu subuh? Tapi, sampai pekan 12, keseriusan itu mesti terwujud di dalam karya kawankawan. Keseriusan yang mau membina diri. Keseriusan memamah berbagai bacaan, mau melibatkan diri di berbagai forum diskusi, dan banyak berlatih menulis. Kalau tiga hal ini disiplin dilakukan, saya harap dari komunitas sederhana kita bisa tumbuh orangorang yang tulisannya bakal ditunggu kedatangannya. Belakangan cara kita membangun komitmen sebagai penulis pemula ditandai dengan menerbitkan blog pribadi. Hal ini satu kemajuan menyenangkan sekaligus menyakitkan. Blog itu semacam buku harian. Akan membahagiakan jika di situ kawankawan rajin mengisinya dengan berbagai tulisan. Melihatnya dibaca banyak orang pasca diterbitkan. Juga melihatnya dapat membuat orang senang membacanya. Menulis begitu menyakitkan karena prosesnya sama dengan kelahiran seorang anak. Di situ ada ide yang dikandung, tersedimentasi sekaligus. Akibatnya, tiap tulisan dirasa punya masa kandungan. Kapan dia lahir tergantung lamanya waktu di dalam kandungan. Tulisan sebagaimana takdir sang anak, tak bisa dipaksakan…

  • Salah seorang putri saya,  yang masih duduk di sekolah menengah pertama, mengenakan seragam porseninya, T-Shirt yang bertuliskan Exiurose. Semula saya menduga itu adalah suatu slang yang belum ramah di pengetahuan saya. Maklum saja, anak-anak muda sekarang cukup kreatif melahirkan istilah-istilah baru. Rupanya, Exiurose adalah kependekan dari Experience of Our Purphose, yang dimaknakan kurang lebih, pengalaman…


Kala Literasi

Jl. Pa’ Bentengang No.6, RT.01/RW.08, Mangasa Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221