Berbeda Sudut Pandang

Kebiasaan saya bersama istri satu tahun terakhir bila saya berada di kota kelahiranku, Makassar. Setiap akhir pekan melakukan jogging atawa berjalan kaki mengelilingi lapangan karebosi minimal lima hingga tujuh kali putaran. Istriku biasa menyebutnya tawaf di karebosi. Rumahku dari karebosi lumayan jauh. Beberapa  alasan kenapa kami memilih tempat jogging yang terlampau jauh dari kediaman kami, sebab di area ini setiap pekannya dijubeli orang dari berbagai penjuru kota Makassar untuk berolah raga, berjalan kaki seperti yang kulaku. rupa-rupa senam yang dilaku oleh berbagai komunitas, bermain bola kaki, dan yang sekedar datang bersua teman-temannya sembari bersilaturrahim. Aku pun saban hari ke sana kerap sua kawan dan sahabat. Siltaurrahim terjalin kembali dan sungguh amat membahagiakan.

Pagi ini setelah berjalan kaki mengelilingi karebosi sebanyak tujuh kali sembari ngobrol dengan beberapa kawan semasa mahasiswa dulu, saya dan istri mencari-cari warung untuk sarapan pagi dan memilih sebuah cafeteria yang menjual rupa-rupa penganan sarapan pagi dan tak ketinggalan kopinya. Sedang asyik-asyiknya menyesap kopi dan penganan lainnya tiba-tiba suara gemuruh kendaraan roda empat dan dua disertai teriakan-teriakan membesarkan nama Tuhan dengan intonasi amarah melintas di depan café tempat kami rehat sejenak. Spontan pengunjung café yang padat di akhir pekan itu mengalihkan perhatiannya sejenak dengan berbagai ekspresi. Ada yang sinis, merasa lucu, dan biasa-biasa saja karena mungkin menganggap iring-irngan ini adalah hal biasa di zaman demokrasi terbuka ini.

Beberapa spanduk di pampang di mobil yang bertuliskan “Enyahkan Syi’ah dan PKI dari NKRI karena bukan Islam dan tegakkan khilafah” dan beberapa spanduk yang benada mirip-mirip. Bagi yang tidak paham tujuan gerakan kelompok ini pasti akan bertanya-tanya, kenapa mesti mereka yang melarang dengan cara-cara amarah dan anarkis. Bukankah kita mempunyai pemerintahan dengan berbagai perangkatnya. Bila mereka yang dituding sesat oleh pendemo ini adalah pelanggar konstitusi Negara kenapa tidak secara legal dilakukan secara procedural berdasarkan aturan main Negara yang sudah ada, walaupun kita tahu bahwa menyampaikan aspirasi melalui demontrasi sah-sah saja.

Saya tidak mengerti, apakah kelompok yang menyuarakan kesesatan kelompok (keyakinan) lain dan harus dienyahkan dari bumi pertiwi ini ada undang-undang atau perangkat hukum negeri ini yang dilanggar?  Sebab bila hanya sekedar perbedaaan sudut pandang dalam menafsirkan agama yang bermuara pada terbentuknya aliran-aliran dalam sebuah agama dan keyakinan tentu jalan keluarnya bukan memaksa Negara untuk mengenyahkan aliran atau mazhab yang ditengarai menyimpang, untuk mengenyahkannya dari negeri hukum ini. Tetapi salahsatu jalan keluar terbaik adalah melakukan dialog secara intensif. Tentu dialognya dilakukan secara bijak dan arif serta setara sesuai dengan prinsip-prisnsip dasar agama  itu sendiri. Boleh difasilitasi oleh lembaga-lembaga keagamaan, semisal MUI (Majelis Ulama Indonesia), Muhammadiyah, NU (Nahdatul Ulama), dan sebagainya. Untuk tidak berlarut-larutnya setiap penyerangan kepada kelompok yang ditengarai sesat. Pemerintah mestinya melakukan tindakan-tindakan strategis untuk tidak melukai warganya sendiri. Sebab, di negeri ini sudah terlampau banyak peristiwa sebuah komunitas yang dianggap keyakinannya bermasalah dan menyimpang diciderai dengan sangat fatal, baik pisik maupun psikis tapi Negara hanya diam dan tidak berperan. Padahal yang dianiaya itu adalah warga Negara pembayar pajak dan taat pada aturan Negara. Bila hal seperti ini dibiarkan begitu saja maka tunggulah negeri ini akan menjadi negera abu-abu yang tak jelas jenis kelaminnya, sebab hukum menjadi lumpuh bagi kaum minoritas dari kelompok-kelompok yang selalu meyelesaikan masalahnya dengan jalan kekerasan.

Sejak reformasi merebak dan menjatuhkan kekuasaan orde baru, salahsatu pekerjaan pemerintahan era reformasi yang tersisa adalah bagaimana penegakan hukum setegak-tegaknya pada kelompok-kelompok intoleran yang kerap beraksi anarkis dan merusak fasilitas umum yang dibiayai rakyat dari berbagai jenis pungutan yang dilaku pemerintah. Memberi rasa aman kepada warganya untuk hidup dengan aman tentram dan bermatabat tanpa reserve apapun. Kelompok-kelompok dalam etnik, agama, dan mazhab, kerap tersakiti dan tercederai tanpa perlindungan yang memadai dari Negara. Seolah mereka adalah warga kelas dua dari negeri yang dicintainya. Sedang kelompok-kelompok yang selalu mengatasnamakan agama dan keyakinannya paling benar dan pemilik tunggal kebenaran, namun jelas-jelas dari semua aksi yang dilakunnya mengarah pada wacana pendidrian Negara agama berdasarkan keyakinannya dan menggantikan panca sila sebagai dasar Negara. Namun sepertinya dibiarkan melakukan aksi semaunya. Mengganggu ketenangan orang lain dan merusak fasilitas umum, membakar dan merusak rumah ibadah yang menurut mereka berbeda dengan keyakinannya. Padahal negeri ini didirikan dan dibangun berdasarkan kemajemukan agama dan adat istiadat warganya.

Dalam perspektif agama yang kuyakini yakni Islam, mengajarkan budi-pekerti atau yang lazim dibilangkan akhlak sangat di junjung tinggi. Untuk meninggikan ajarannya sebagaimana titahnya “Al Islamu yu’la wa ya’lu alaik, Islam itu tinggi di atas segalanya”, Sang Nabi menitahkan untuk  berakhlakul karimah atau berbudi-pekerti yang mulia. Sebab beliau diutus untuk menyempurnakan akhlak pengikut agama-agama samawi sebelumnya. Artinya, agama yang di bawahnya mesti memiliki pengikut yang lebih cerlang-cemerlang akhlak dan budi-pekertinya melebihi dari yang lain. Pengikutnya dituntut memelopori kehidupan harmoni saling memuliakan diantara manusia. Memelopori kebangkitan peradaban manusia dengan ilmu pengetahuan sebagaimana yang telah disuguhkan oleh para ulama kaliber yang pernah lahir di Rahim agama Islam, seperti Ibnu Sina, Alfarabi, Alkindi, Ibnu Arabi dan sebagainya.

Berkenaan hal kecenderungan sebagian ummat Islam dalam menyelesaikan masalah dengan pentungan dan bedil hingga merusak fasilitas umum dan menumpahkan darah. Albert Camus, dalam sebuah esai pendeknya “pohon buah badam” menukil “ tahukah kau, Napoleon suatu kali berkata kapada Fontanes, apa yang membuat diriku penuh kekaguman? Ketidakberdayaan dari kekuatan untuk membangun apapun. Hanya ada dua kekuatan di dunia yakni, pedang dan pikiran. Pada akhirnya pedang selalu dikalahkan oleh pikiran. Belajar dari situ, secara sederhana mengajak kita untuk selalu mendahulukan pikiran dan akal sehat dalam mengawal peradaban melanjutkan dan mengejawanthakan pesan Nabi Suci Muhammad SAW, bahwa Islam itu tinggi dan mulia. Seperti pesannya bahwa dalam peperangan pun, menjatuhkan sehelai daun  bila tak diperlukan tidak boleh dilakukan. Coba simak bagaimana Sayyidina Ali karamallahu wajha mengapresiasi pesan mulia tersebut “kala dalam suatu peperangan beliau urung menebas lawannya hanya karena mukanya diludahi. Kala ditanya kenapa Sayyidina Ali urung menebas lawannya, beliau hanya menjawab dengan senyum, karena beliau tak ingin menebas lawan dalam keadaan marah”.

Jelang Ramadan dan di bulan Ramadan ini dua peristiwa yang memalukan terjadi lagi di negeri yang kita cintai ini. Peristiwa yang mengatasnamakan agama dengan bom bunuh diri di beberapa tempat dan mempora-poranda beberapa rumah warga yang bernaung di bawah organisasi Ahmadiyah di NTB (Nusa Tenggara Barat). Kekerasan tidak pernah menyelesaikan masalah bahkan akan melahirkan kekerasan lainnya bila hal ini terjadi secara terus menerus. Padahal di situlah perlunya dialog secara intens perlu difasilitasi oleh institusi yang berkenan. Kemudian bagi pelanggar hukum, mesti dihukum sebagaimana hukum yang berlaku. Bila hal ini dibiarkan berkecambah maka tunggulah kelompok-kelompok intoleran akan membesar dan di ujungnya akan berbuah teroris serta mengebiri semua perbedaan dengan cara-cara kekerasan hingga pembunuhan.

Padahal perbedaan sudut pandang (perspektif) dalam Islam katanya adalah rahmat. Dan perbedaan dalam pelbagai hal dalam memaknai sesuatu di kalangan sahabat Nabi telah terjadi digenerasi awal kala Nabi masih hidup bersama mereka, hanya Nabi selalu bijak dalam menyelesaikan setiap perbedaan yang terjadi diantara sahabatnya. Bila demikan halnya makin jauhlah kita dari tuntunan dan titahnya.

  • (Suatu Tinjauan Sosiologi Kekerasan) Kawasan Timur Tengah kembali memanas pasca kelompok Hamas Palestina menggencarkan serangan mendadak ke Israel tidak jauh di perbatasan Gaza, Sabtu (7/10/23) dini hari waktu setempat. Akhir pekan yang berubah mencekam, karena serangan ribuan nuklir itu tepat ditujukan ke Tel Aviv dan Yerusalem, menembus sistem pertahanan Iron Dome menghancurkan banyak bangunan. Frank…

  • Aktivitas manusia di era sosial media adalah produksi dan distribusi konten. Konten quote-quote adalah konten yang paling banyak berseliweran. Quotation adalah sebuah kalimat atau syair pendek yang disampaikan dalam rangka memberi makna ataupun mengobati perasaan derita dalam hidup. Penderitaan divisualisasikan dan didistribusikan melalui quote pada jejaring sosial media dalam upaya agar setiap orang diharapkan dapat…

  • “Saya tidak memikirkan representasi kecantikan yang lebih baik daripada seseorang yang tidak takut menjadi dirinya sendiri.” Pernyataan Emma Stone ini memberi sugesti pada saya betapa cantiknya seorang perempuan yang dikisahkan oleh dosen-dosen filsafat, dan yang digambarkan dalam film Agora yang pernah saya tonton. Sekitar 8 Maret 415 Masehi, kota Alexandria (Mesir) telah menjadi saksi bisu…

  • “Cita-cita kamu apa?” Ini adalah sepenggal pertanyaan yang begitu membosankan bagiku. Aku masih, dan selalu ingat. Betapa orang-orang sering mengajukannya kala aku masih di Taman Kanak-Kanak. Mulai bapak dan ibu. Tante dan om. Nenek dan kakek. Juga sepupu yang usianya terlampau jauh di atasku. Di sekolah pun demikian. Para guru kerap melontarkan deretan kalimat ini.…

  • —mengenang 3 tahun kepergian Sapardi Djoko Damono SEJAK baheula manusia dikepung puisi. Sekira tahun 1.700 Sebelum Masehi di India, puisi sudah tengger di naskah kuno Veda dan Gathas. Puisi adalah ekspresi artistik mengenai pesona diri dan hidup. Ibarat bakul puisi mewadahi “benak” penyair, yang diperah dari peng-alam-an: imajinatif, emosional, dan intelektual—peng-alam-an ini dipahat penyair pada…


Kala Literasi

Jl. Pa’ Bentengang No.6, RT.01/RW.08, Mangasa Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221