Punggahan, Nyadran, dan Suru Maca

Malam telah larut, para jamaah masjid telah mengambil posisi duduk berderet, bersandar pada dinding masjid. Tepat ba’da sholat Isya Daeng Situju telah menanggalkan pecinya sambil mengelus-elus kepala sembari melihat panitia lalu lalang di hadapannya. Mereka tengah sibuk menyetel sound system, menggeser mimbar, menggulung sajadah guna mempersiapkan acara “Malam Sambut Ramadan”.

Acara dimulai dengan tadarrusan beriringan remaja putri merapal tilawah dengan suara dan intonasi yang indah di belakangnya. Berikutnya memperdengarkan ceramah tausiyah yang merupakan acara inti. Biasanya panitia mengundang mubalig yang mampu mengundang tawa, menghangatkan suasana dengan punch line segarnya. Hal ini dibutuhkan agar jamaah tidak mengantuk karena penceramahnya asyik. Mengingat pula acara ini akan berlangsung hingga larut malam. Di penghujung kegiatan akan ada renungan diiringi doa bersama, saling bertukar maaf. Kegiatan ditutup dengan acara istirahat, ngobrol santai, sambil menyantap kue dan cemilan. Jamaah masjid mulai berbalik pulang, panitia sibuk membersihkan dan mengumpulkan piring dan gelas kotor, anak-anak berlarian mencari sisa kue dan cemilan untuk dibawa pulang. Uniknya, pun yang dewasa tak ketinggalan hehe…

Ulasan di atas adalah refleksi saya sewaktu masih beraktivitas sebagai remaja masjid di daerah Pattunuang, saat masih menikmati indahnya suasana kebersamaan dan keceriaan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Pattunuang merupakan wilayah berkependudukan mayoritas masyarakat suku asli Makassar, terletak di tepi Manggala sebagai salah satu kecamatan di Kota Makassar. Bukan apa-apa, bagi jamaah setempat, tanpa agenda semacam ini maka bulan suci Ramadan di tahun itu akan terasa hambar, malamnya berjalan begitu dingin tanpa hangatnya kebersamaan, siangnya hanya mendatangkan dahaga tanpa rasa suka cita. Rupa-rupanya acara itu telah bertransformasi menjadi budaya, melekat pada tingkat euforia yang lebih sublim pada masyarakat setempat. Nilai spiritualnya jauh lebih utama dibanding format kegiatan.

Sejauh riset kecil-kecilan saya dalam dunia maya, ada banyak ragam budaya masyarakat Islam dalam menyambut bulan suci Ramadan terkhusus kita di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke suku bermayoritas muslim memiliki ragam ritual khusus menyambutnya. Kegiatan-kegiatan itu bahkan masih lestari dan dijaga turun temurun hingga sekarang. Esensi tradisi menyucikan diri, saling bertukar maaf, dan merajut silaturahmi. Misalnya, tradisi Punggahan di Sumatera Utara, salah satu daerahnya menyelenggarakan acara sederhana, berkumpul di masjid guna menyantap makanan yang masing-masing mereka bawa. Bahkan di Kabupaten Batu Bara tradisi tersebut dirayakan dengan memotong hewan ternak jenis kerbau atau lembu sejak 32 hari sebelum malam pertama Ramadan.

Sementara itu di masyarakat Jawa terutama Islam abangan, tradisi ini mengalami perkawinan, melahirkan budaya Islam kejawen, yang melahirkan kebiasan nyadran. Nyadran diadakan satu bulan sebelum dimulainya puasa, atau pada 15, 20, dan 23 bulan Syakban (bulan ruwahan). Tradisi ini diselenggarakan dengan membersihkan makam orang tua atau kerabat dekat lalu dibarengi dengan doa bersama. Kepercayaan masyarakat bahwa tradisi membersihkan makam adalah simbol dari pembersihan diri menjelang masuknya Ramadan. Tidak hanya kepada Tuhan, Nyadran juga dilakukan dalam rangka berbakti kepada para pendahulu dan leluhur. Selain itu ada pula tradisi Padusan atau kegiatan mandi atau berendam di sungai, pantai, ataupun sendang. Upaya simbolik untuk membersihkan atau menyucikan diri sebelum masuknya bulan suci Ramadan.

Di daerah saya sendiri, tahun 90-an akhir hingga 2000-an awal masih ada tradisi suru maca,doa bersama. Zaman itu kota Makassar baru saja dimekarkan sehingga terdapat wilayah yang baru berkembang dan diisi oleh pendatang dari tengah kota. Ritual ini dilakukan tepat sepekan sebelum memasuki bulan suci Ramadan. Kebetulan Ayah saya dulunya (beberapa tahun belakangan sudah pensiun) adalah tokoh yang sering diundang dalam perayaan ini. Tepatnya saat saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Beliau memerahkan tanggal, khusus seharian memimpin tradisi ammaca.Berangkat pagi hingga larut malam guna memenuhi “orderan” tetangga atau kerabat. Tiba waktu pulang, saya cukup gembira mendengar langkah kakinya memasuki rumah setelah membuka pagar. Bukan apa-apa, saya sudah tau betul bahwa Ayah saya tidak bakal pulang dengan tangan kosong. Seminimal mungkin beliau membawa songkolo’ (makanan khas terbuat dari beras ketan) dan ayam pallu lekko (masakan ayam dengan bumbu lengkuas parut) kesukaan saya.

Tradisi ini berupa pembacaan doa untuk memperoleh berkah dari Tuhan. Diselenggarakan di hadapan hidangan makanan, ditata sedemikian rupa baik di lantai maupun di atas ranjang tidur. Makanannya juga terdiri dari berbagai masakan khas Bugis-Makassar di antaranya nasi ketan dua warna, opor ayam, ayam goreng, dan kedua jenis makanan yang saya sebutkan sebelumnya. Semua itu dilakukan merawat silaturahmi antar masyarakat dan upaya mensyukuri bahwa Bulan Suci Ramadan yang dirindukan sudah tiba.

Namun beberapa tahun belakangan perangai masyarakat telah berubah, sejak munculnya gerakan islamisme bersifat puritan, yang bersemangat mengembalikan kemurnian ajaran agama seperti ajaran Islam awal. Gerakan ini dikenal dalam istilah modern sebagai fundamentalisme Islam. Pengikut Islam puritan memiliki cara berpikir hitam putih antara apa yang mereka anggap Islam murni dengan tradisi masyarakat. Bahkan terkadang tuduhan kafir hingga musyrik dilayangkan kepada orang-orang yang senantiasa menjaga tradisi keagamaan seperti menyambut bulan suci Ramadan.

Melihat fenomena semacam ini membuat saya membatin, apakah kedudukan bulan suci Ramadan di hati umat telah berubah? Nilai yang dikandungnya hilang akibat sensitifitas kita hanya pada kebekuan dan kekakuan ritual. Tuhan maha sempurna, lalu bagaimanakah kita menujuNya? Apakah hanya terbatas pada ritual formal tertentu agar menjadikan kita dekat denganNya? Atau melalui keragaman ritual tapi mencerminkan kesubliman intuisi manusia? Bagi saya pertanyaan tersebut memiliki signifikansi terhadap paradigma, bahkan cara keberagamaan kita. Apakah mengedepankan aspek eksoteris di satu sisi dan esoteris agama di sisi lain.

Akhirnya pertautan cara pandang keagamaan kita di Indonesia turut membekas dalam batin saya. Menurut Muhammad Nur Prabowo Setyabudi menguatnya tensi konflik tradisionalisme versus puritanisme yang tampak di kota-kota besar disebabkan kecenderungan Islam politik yang menginginkan formalisme keagamaan di ruang publik. Beberapa tahun belakangan juga marak gerakan puritanisme-wahabisme yang diimpor dari Kerajaan Saudi. Sebagaimana diketahui, romantisme antara wahabi dan Kerajaan Saudi telah berlangsung lama dan semakin berkembang setelah petrodollar mengalir deras dari sumur-sumur minyaknya. Sumber daya begitu melimpah, bukan hanya minyaknya yang mengalir ke Indonesia, tetapi turut juga paham keagamaan mereka. Ironinya kontekstualisasi yang dipaksakan itu berlangsung hingga detik ini.

“Bulan suci Ramadan adalah bulan Tuhan, olehnya ritual-ritual di dalamnya mengarahkan kita untuk menjadi tuhan”, kata guru saya dalam pengajian. Bagi saya sendiri bulan suci Ramadan menjadi episentrum kita untuk menggunakan kacamata Tuhan dalam melihat keburukan dan kebaikan. Sebab dengan menuhan kita punya kemampuan itu. Melalui “kacamata” itu saya berpikir lalu curiga, apakah tradisi di daerahku akan menjadi target operasi selanjutnya oleh kelompok puritanisme? Mudah-mudahan saja tidak!

  • Sewaktu putri pertama kami berusia tiga tahun, ia mengalami serangan kegagapan dalam berbicara. Ia aslinya ceriwis, banyak tanya, bahkan banyak mempertanyakan segala sesuatu yang ia lihat aneh atau tidak sesuai dengan pemahaman yang ada di kepalanya. Misalnya kenapa tante A begini, sedangkan tante B begitu. Kenapa teman-temannya memanggil orangtuanya dengan bapak dan ibu, sementara ia…

  •   Iduladha memiliki makna kembali berkurban, ditandai dengan penyembelihan sejumlah hewan ternak sebagai simbol pengorbanan seseorang. Kurban dan korban berbeda menurut KBBI. Kurban diartikan persembahan kepada Allah seperti biri-biri, unta, dan sebagainya yang biasa dilakukan saat lebaran haji. Sedang arti korban adalah pemberian untuk menyatakan kebaikan, kesetiaan, dan sebagainya. Makna lainnya, orang/binatang yang menderita/mati akibat…

  • Tradisi nyekar merupakan laku purba pada sebagian besar masyarakat kita. Tradisi ini makin kuat pengaruhnya manakala dotrin agama ikut menguatkan.  Di sebagian masyarakat, utamanya di kampung-kampung menjadikan nyekar sebagai wahana memelihara kualitas spritualitas, tentu dengan ragam ritual di dalamnya. Tradisi  berabad-abad lamanya ini, sudah menjadi denyut kehidupan masyarakat kita, hingga dipercaya membawa keberkahan hidup. Dari…

  • Ada apa dengan perempuan menulis? Apakah ada sesuatu yang istimewa? Dalam pemahaman saya, potensi laki-laki dan perempuan dalam hal kemampuan menulis itu sama saja. Meskipun budaya dan lingkungan setempat tetap berpengaruh pada seberapa pesat berkembangnya potensi tersebut. Bersyukurnya saya termasuk kelompok penganut paham “senang bergerak dengan semangat yang ada di dalam diri, tidak mau dipengaruhi…

  • Kemarin Pancasila dirayakan kelahirannya. Begitulah kebiasaan sebuah bangsa yang gemar dengan seremonial. Segalanya mesti dirayakan, meskipun seringkali tampak kering makna. Sebetulnya tidak salah, namun persoalannya setelah perayaan itu segalanya kembali ke setelan pabrik “lupa pancasila”. Faktanya kita mesti terus terang mengakui bahwa Pancasila seringkali kalah dihadapan kekuasaan, kapital, korupsi, intoleransi, kekerasan, perusakan alam, dan beragam…


Kala Literasi

Jl. Pa’ Bentengang No.6, RT.01/RW.08, Mangasa Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221