Cerita-Cerita tentang Perbedaan Lebaran

Jelang salat Zuhur di satu masjid, saya bersua dengan seorang kepala desa, yang pasangannya menjabat komisioner KPUD. Iseng-iseng saya bertanya, “Kapan lebaran Pakde?” Sembari tersenyum ia berujar, “Nyonyaku sudah lebaran besok, Jumat. Ia sudah izin ikut penetapan Majelis Tarjih Muhammadiyah. Kalau saya menanti pengumuman pemerintah, kemungkinan Sabtu.”

Saya segera bisa memahami pasutri tersebut. Maklum saja, sang nyonya merupakan aktivis perempuan Ortom Muhammadiyah sebelum menjadi komisioner. Sedang sang kepala desa, corak keberagamaanya lebih merujuk pada Nahdatul Ulama (NU). Apatah lagi, dugaan saya, ia mengikut pada putusan pemerintah sebab ia bagian dari aparatus pemerintah, meskipun tidak harus demikian.

Usai salat Zuhur, saya mencarinya, ingin bercakap-cakap lebih dalam tentang sikap berbeda lebaran dalam satu keluarga. Namun, ia menghilang entah kemana dan sedang menyongsong urusan apa. Pastinya, saya sudah dapat gambaran bahwa tiada masalah bagi mereka untuk berbeda dalam melaksanakan lebaran Idulfitri, karena mereka telah melebarkan lapik fitrinya.

***

Esok harinya: Jumat. Lebaran Idulfitri berlangsung di salah satu masjid pusat Kota Bantaeng. Pelaksanaan salat Idulfitri dipusatkan di Masjid Raya Bantaeng buat warga Muhammadiyah dan yang mengikutinya. Pasalnya, tidak harus menjadi warga Muhammadiyah untuk ikut berlebaran di hari Jumat. Siapa pun asalkan seorang muslim dan setuju dengan penetapan Muhammadiyah, boleh berlebaran di hari Jumat tahun 2023 ini.

Saya pun meninggalkan mukim, menuju kantor, tempat mengasah pendapat buat mengasuh pendapatan, guna menyelesaikan satu naskah suntingan proposal kompetisi inovasi KIPP tingkat nasional, sekaligus mengunggah satu esai buat Kalaliterasi.com, buah pikir seorang kawan, terkait Idulfitri, berjudul, “Meniada di Hari Fitri”.

Kala saya berkhusyuk ria mengerjakan urusan kata-kata tersebut, muncul seorang kawan. Ia seorang direktur perkumpulan pemberdayaan masyarakat bentukan kami. Dia mampir ke kantor kami, sebab ia milihat motor saya parkir di depan kantor. Entah mengapa, antara bakal pertanyaan saya dan jawabannya sama. Terkait dengan dari mana dan jawabannya, “Mengantar istri salat Idulfitri di Masjid Raya Bantaeng.”. Kawan saya ini, seorang penghayat keagamaan ala NU, sementara istrinya, aktivis perempuan di Muhammadiyah. Selang berlaksa detik, ia pamit buat menjemput sang istri, karena sudah tunai salat Idulfitrinya.

***

Ketika kawan kerja saya menanti panggilan jemput sang istri, saya lalu bercerita penuh kelakar, bahwa di keluarga besar pasangan saya, kami pernah empat kali gelombang salat Idulfitri. Saya sudah lupa tahun persisnya, tapi peristiwanya akan selalu saya kenang, tatkala terjadi perbedaan pelaksanaan lebaran Idulfitri.

Di keluarga pasangan saya, punya tujuh saudara, dengan orientasi keberagamaan beragam. Pun, bapak dan ibu mertua saya. Sekali waktu, kami berkumpul di Makassar, untuk berlebaran yang saya sudah lupa tahun persisnya. seorang lago saya lebih awal melaksanakan salat Idulfitri, sebab merujuk pada fatwa kelompok muslim An-Nazir yang berpusat di seputar Danau Mawang, Kabupaten Gowa. Walaupun saat ia pergi ke lokasi salat, seperti mobil Panther, suaranya nyaris tak terdengar.

Sepulang dari salat, ia tersenyum penuh kegembiraan, penanda seseorang telah meraih kemenangan, setelah melalu pertempuran di bulan Ramadan. Ia menjabat tangan saya, sembari mengajak mojok, ingin mengatakan sesuatu, agak rahasia, “Saya sudama salat Idulfitri. Ikutka An-Nazir di Mawang. Banyak kuliat temanta di sana Kak. He..he..he”. Ia menggoda saya, seolah bertanya kenapa tak ikut. Memang di Jemaah An-Nazir, banyak kawan saya. Bahkan Imamnya, almarhum Ust. Lukman Bakti, merupakan junior saya di HMI MPO. Imamnya An-Nazir sekarang, Ust. Syamiruddin Pademmui, pun rekan seperjuangan saya di HMI MPO asal Cabang Palopo.

***

Hari berikutnya, masih bertengkar antara subuh dan pagi. Adik ipar saya yang kuliah di Universitas Brawijaya Malang, mendapat telepon dari temannya di Malang, menguritakan bahwa salah satu kampus Unismuh, akan melaksanakan salat Idulfitri. Mendengar urita sang kawan, tindakan pertamanya, membatalkan puasa, waima salat Idulfitrinya ikut ramai esoknya, seperti warga Muhammadiyah pada umumnya.

Seingat saya, urita sang kawan dari adik ipar saya, sejalan dengan waktu yang ditetapkan oleh Jemaah Tarekat Naqasandiyah berpusat di Sumatera. Adapun mayoritas rujukan salat Idulfitri di keluarga pasangan saya, khususnya di tahun yang saya sudah lupa persisnya itu, lebih banyak merujuk ke fatwa Majelis Tarjih Muhammadiyah. Termasuk mertua saya.

Cerita belum selesai. Ternyata, ada satu lagi lago, masih setia menanti penetapan pemerintah, yang penetapan waktu lebarannya sehari setelah keputusan Muhammadiyah. Nah, bayangkanlah kisanak-nyisanak, betapa dinamisnya cara beragama kami di keluarga pasangan saya. Cukup beragam, tapi seragam dalam menu lebaran: Burasa, ketupat, coto, opor, dan teman-temannya. Plus aneka kue kering dalam satu nama: kue lebaran.

***

Tahun 2023, kembali terjadi perbedaan lebaran. Muhammadiyah menetapkan 21 April 2023, Jumat, sebagai hari lebaran. Sementara pemerintah lewat Sidang Isbat dan NU, mengukuhkan 22 April 2023, Sabtu, sebagai 1 Syawal 1444 H. Reaksi umat pun beragam, mulai dari kajian ilmiah hingga meme lucu penghibur hati bermunculan. Namun, yang ajaib, dan kepastiannya tak terbantahkan, semua umat Islam Indonesia tetap sepakat, 21 April 2023, sebagai Hari Kartini, serupa hari raya buat kaum perempuan Indonesia. 

Mengapa Hari Kartini perlu diajukan sebagai interupsi di atas perbedaan? Agar semuanya menjadi tercerahkan. Pasalnya, kelompok paling menentukan suksesnya lebaran adalah kaum perempuan. Mau jatuh di hari Jumat atau Sabtu, kaum perempuan penentunya. Maka di hari lebaran yang berbeda, kaum perempuan, putri sejati, putri Indonesia, harum namanya.

Nah, bagi saya yang sudah pernah mengalami perbedaan empat gelombang pelaksanaan lebaran salat Idulfitri, jikalau hanya menghadapi perbedaan dua gelombang, terasa biasa saja. Lalu apa sikap paling mutakhir saya? Menjadi Nu-hammadiyah. Maksudnya, saya orang NU, tapi seiman dengan kaum perserikatan Muhammadiyah. Harapan saya selalu mengemuka, manakala terjadi perbedaan lebaran, puasa terakhir saya diundang oleh saudara seiman Muhammadiyah untuk berbuka di mukimnya, sebab burasa dan kawan-kawannya sudah siap disantap. Dan, usai bersantap, saya akan menabalkan kata, agar besok ke mukim saya, untuk bersantap burasa dan teman pengiringnya. Boleh berbeda hari lebaran, tapi burasa dan ketupat kita masih sama bentuknya.***

Kredit gambar: sangpencerah.id

  • (Suatu Tinjauan Sosiologi Kekerasan) Kawasan Timur Tengah kembali memanas pasca kelompok Hamas Palestina menggencarkan serangan mendadak ke Israel tidak jauh di perbatasan Gaza, Sabtu (7/10/23) dini hari waktu setempat. Akhir pekan yang berubah mencekam, karena serangan ribuan nuklir itu tepat ditujukan ke Tel Aviv dan Yerusalem, menembus sistem pertahanan Iron Dome menghancurkan banyak bangunan. Frank…

  • Aktivitas manusia di era sosial media adalah produksi dan distribusi konten. Konten quote-quote adalah konten yang paling banyak berseliweran. Quotation adalah sebuah kalimat atau syair pendek yang disampaikan dalam rangka memberi makna ataupun mengobati perasaan derita dalam hidup. Penderitaan divisualisasikan dan didistribusikan melalui quote pada jejaring sosial media dalam upaya agar setiap orang diharapkan dapat…

  • “Saya tidak memikirkan representasi kecantikan yang lebih baik daripada seseorang yang tidak takut menjadi dirinya sendiri.” Pernyataan Emma Stone ini memberi sugesti pada saya betapa cantiknya seorang perempuan yang dikisahkan oleh dosen-dosen filsafat, dan yang digambarkan dalam film Agora yang pernah saya tonton. Sekitar 8 Maret 415 Masehi, kota Alexandria (Mesir) telah menjadi saksi bisu…

  • “Cita-cita kamu apa?” Ini adalah sepenggal pertanyaan yang begitu membosankan bagiku. Aku masih, dan selalu ingat. Betapa orang-orang sering mengajukannya kala aku masih di Taman Kanak-Kanak. Mulai bapak dan ibu. Tante dan om. Nenek dan kakek. Juga sepupu yang usianya terlampau jauh di atasku. Di sekolah pun demikian. Para guru kerap melontarkan deretan kalimat ini.…

  • —mengenang 3 tahun kepergian Sapardi Djoko Damono SEJAK baheula manusia dikepung puisi. Sekira tahun 1.700 Sebelum Masehi di India, puisi sudah tengger di naskah kuno Veda dan Gathas. Puisi adalah ekspresi artistik mengenai pesona diri dan hidup. Ibarat bakul puisi mewadahi “benak” penyair, yang diperah dari peng-alam-an: imajinatif, emosional, dan intelektual—peng-alam-an ini dipahat penyair pada…


Kala Literasi

Jl. Pa’ Bentengang No.6, RT.01/RW.08, Mangasa Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221