Masjid: Lapik Gerakan Literasi

Ayo ke masjid! Itulah ajakan dari tema besar program Badan Kerjasama Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Bantaeng. Dan, tema ini pula dipertegas kembali pada acara halalbilhalal yang dihelat pada hari Sabtu, 15 Juli 2017, bertempat di Masjid Sport Centre Pantai Seruni Bantaeng. Rajutan tema yang disodorkan penyelenggara, berbunyi, “ Ayo ke Masjid Membangun Bantaeng Menuju Masyarakat Marhamah”.

Bertolak dari tema itu, disodorkanlah kepada empat pembicara, guna menguraikannya. Ahmad Jailani, Ketua Tanfidziah NU Bantaeng, mengulas topik, “Masjid Sebagai Pusat Peradaban”, Amri Pakkanna, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantaeng, membahas judul, “Masjid Sebagai Pusat Pengembangan Kesejahteraan Umat”, dan Kepala Kantor Kementrian Agama Bantaeng, memapar bahasan, “Masjid Sebagai Tempat Pemersatu Umat”, serta saya selaku pembina BKPRMI Bantaeng, didapuk membabar poin, “Konsepsi Masyarakat Marhamah”.

Sekotah pembicara, tiba pada simpaian pendapat, bahwa ada yang belum maksimal dari fungsi masjid, baik sebagai pusat peradaban, pengembangan kesejahteraan, terlebih lagi sebagai wahana pemersatu umat. Pasalnya, realitas kekinian, perwajahan masjid lebih banyak sebagai tempat melaksanakan ritus keagamaan, dan cenderung terjebak pada pembangunan fisik masjid. Bahkan lebih dari itu, tak jarang pula, justru dari masjidlah, lewat para dainya menguarkan ujar-ujar yang tidak menguatkan persatuan umat.

Buat apa ke Masjid? Demikianlah pertanyaan yang saya ajukan pada forum perbincangan itu. Soalnya, bila merujuk pada realitas demikian, magnet masjid amat lemah sedotannya. Apatah lagi, jika yang diajak itu adalah sekaum muda belia, yang terhimpun dalam kesatuan usia muda dan remaja. Semestinya, masjid menjadi pusat pengembangan potensi kaum muda dan remaja, lewat pendidikan nonformal yang ditawarkan oleh masjid. Pun, sebaiknya masjid berfungsi sebagai wadah mengasah pengembangan keterampilan, agar kelak kaum muda dan remaja punya bekal untuk menjajal kehidupan yang lebih sejahtera. Dan, di atas segalanya, pastinya, lewat masjidlah kaum muda dan remaja dari umat ini, sedini mungkin disodorkan pemahaman keagamaan yang lebih menguatkan persatuan umat.

Teringatlah saya pada sebuah buku, The Message, yang diterjemahkan menjadi Ar-Risalah: Sejarah Kehidupan Rasulullah SAW, anggitan Ja’far Subhani, yang menulis, “Masjid bukan saja pusat peribadatan. Di Masjid, segala instruksi dan perintah Islam diberikan, dan setiap jenis pendidikan, agama dan pengetahuan, termasuk membaca dan menulis, dilakukan. Hingga awal abad keempat Hijriah, masjid berfungsi pula sebagai sekolah pada setiap saat kecuali waktu salat. Setelah itu, pusat-pusat pendidikan mengambil bentuk khusus. Kebanyakan ulama besar adalah lulusan pendidikan yang telah diadakan di masjid”.

Lebih dalam Ja’far Subhani  meliukkkan tarian kalamnya, “Ada kalanya Masjid Madinah berfungsi sebagai sentra sastra pula. Para penyair besar Arabia, yang karangannya sesuai dengan semangat moral dan pendidikan Islam, membacakan syair-syair mereka di hadapan Nabi. Ka’ab bin Zuhair membacakan syair-syair pujiannya yang terkenal kepada Nabi, di hadapapan beliau, di masjid, dan menerima hadiah besar dan jubah kehormatan dari Nabi. Hasan bin Tsabit, yang membela kehormatan Islam dengan syair-syairnya, biasa membacakan syair-syair kepada beliau di Masjid Nabi”.

Keterangan lain patut saya ajukan, guna menguatkan tradisi literasi awal muslim, yang bahkan saat masjid yang pertama kali dibangun. Ali Syariati menukil peristiwa yang dipaparkan dalam bukunya, Khatim an-Nabiyyin: Min al-Hijrah Hatta al-Wafat, Rasulullah SAW: Sejak Hijrah Hingga Wafat, menoreh tutur, “Dengan cepat dinding-dinding masjid berdiri, dan orang-orang besar yang saat itu meletakkan batu-batu sendi peradaban manusia, menyenandungkan rajaz ini: Kalau kita duduk berpangku tangan // sedang Nabi bekerja // Maka itu tak lain // adalah perbuatan yang menyesatkan.

Dan berulang-ulang pula mereka melantunkan bait berikut ini: Tiada hidup yang paling mulia // Kecuali kehidupan akhirat // Allahumma,ya Allah, rahmatilah // Orang-orang Anshar dan Muhajirin. Rupanya Nabi ingin mengubah bait tersebut, lalu beliau berkata: Tiada hidup yang paling mulia // Kecuali kehidupan akhirat // Allahumma, ya Allah, rahmatilah // Orang-orang Muhajirin dan Anshar”.

Terus terang, selaku pegiat literasi, yang senantiasa merindukan masjid sebagai lapik bagi gerakan literasi, saya tersungkur, jatuh pikir pada ungkapan sejarah dari Ja’far Sughani dan Ali Syariati tersebut. Berdasar pada keterangan tersebut, terkuaklah sudah, bahwa tradisi literasi di kalangan muslim paling awal sudah terdedahkan, sebab bersentuhan langsung dengan laku kenabian. Karya sastra, khususnya puisi yang memuat bait-bait dan syair-syair adalah produk literasi. Karenanya, cukup beralasan manakala dalam konteks kekinian dan kedisinian, saya ajukan ajakan untuk menjadikan masjid sebagai salah satu sentra pengembangan tradisi literasi.

Mari ke masjid! Begitulah ajakan yang saya ajukan. Tentulah kala masjid sudah kembali menjalankan fungsi sosialnya, yang dikendalikan oleh para pengurusnya. Dan, tradisi literasi, sebagai bentuk yang paling dalam dari pendidikan menjadi salah satu tawarannya. Sulit membayangkan masjid menjadi pusat peradaban, pengembangan kesejahteraan, dan persatuan umat, manakala tradisi literasi terabaikan. Tradisi literasi yang berlapikkan masjid, adalah tradisi awal kaum muslim, yang dipandu langsung oleh Nabi. Kembali ke masjid, berarti kembali ke tradisi literasi berbasis masjid. Dengan begitu, masjid telah mewujud sebagai lapik gerakan literasi.

  • (Suatu Tinjauan Sosiologi Kekerasan) Kawasan Timur Tengah kembali memanas pasca kelompok Hamas Palestina menggencarkan serangan mendadak ke Israel tidak jauh di perbatasan Gaza, Sabtu (7/10/23) dini hari waktu setempat. Akhir pekan yang berubah mencekam, karena serangan ribuan nuklir itu tepat ditujukan ke Tel Aviv dan Yerusalem, menembus sistem pertahanan Iron Dome menghancurkan banyak bangunan. Frank…

  • Aktivitas manusia di era sosial media adalah produksi dan distribusi konten. Konten quote-quote adalah konten yang paling banyak berseliweran. Quotation adalah sebuah kalimat atau syair pendek yang disampaikan dalam rangka memberi makna ataupun mengobati perasaan derita dalam hidup. Penderitaan divisualisasikan dan didistribusikan melalui quote pada jejaring sosial media dalam upaya agar setiap orang diharapkan dapat…

  • “Saya tidak memikirkan representasi kecantikan yang lebih baik daripada seseorang yang tidak takut menjadi dirinya sendiri.” Pernyataan Emma Stone ini memberi sugesti pada saya betapa cantiknya seorang perempuan yang dikisahkan oleh dosen-dosen filsafat, dan yang digambarkan dalam film Agora yang pernah saya tonton. Sekitar 8 Maret 415 Masehi, kota Alexandria (Mesir) telah menjadi saksi bisu…

  • “Cita-cita kamu apa?” Ini adalah sepenggal pertanyaan yang begitu membosankan bagiku. Aku masih, dan selalu ingat. Betapa orang-orang sering mengajukannya kala aku masih di Taman Kanak-Kanak. Mulai bapak dan ibu. Tante dan om. Nenek dan kakek. Juga sepupu yang usianya terlampau jauh di atasku. Di sekolah pun demikian. Para guru kerap melontarkan deretan kalimat ini.…

  • —mengenang 3 tahun kepergian Sapardi Djoko Damono SEJAK baheula manusia dikepung puisi. Sekira tahun 1.700 Sebelum Masehi di India, puisi sudah tengger di naskah kuno Veda dan Gathas. Puisi adalah ekspresi artistik mengenai pesona diri dan hidup. Ibarat bakul puisi mewadahi “benak” penyair, yang diperah dari peng-alam-an: imajinatif, emosional, dan intelektual—peng-alam-an ini dipahat penyair pada…


Kala Literasi

Jl. Pa’ Bentengang No.6, RT.01/RW.08, Mangasa Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221